Total Tayangan Halaman

Rabu, 01 Desember 2010

MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 CIPEUCANG KABUPAT

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Kegiatan belajar mengajar sebagai salah satu masalah rutin yang umumnya
dilaksanakan guru di kelas, bukanlah sesuatu yang berdiri sendiri akan tetapi
terkait dengan berbagai faktor dan unsur. Oleh karena itu eksistensi seorang guru
tidak hanya diukur dari penguasaan materi pelajaran atau menyiapkan perangkatperangkat
media yang diperlukan akan tetapi juga kemampuan menciptakan
kondisi belajar yang kondusif.
Selama ini perhatian sangat besar ditujukan pada upaya memberikan materi
sebanyak-banyaknya kepada siswa, sangat jarang diperhatikan perbedaanperbedaan
individu dan suasana kelas yang sesungguhnya sangat mempengaruhi
proses belajar mengajar.
Berdasar pengamatan di lapangan, proses pembelajaran di sekolah dewasa
ini kurang meningkatkan motivasi dan aktivitas siswa. Masih banyak tenaga
pendidik yang menggunakan tipe konvensional secara monoton dalam kegiatan
pembelajaran di kelas, sehingga suasana belajar terkesan kaku dan didominasi
oleh guru. Dalam penyampaian materi biasanya guru menggunakan tipe ceramah
dimana siswa hanya duduk, mencatat dan mendengarkan apa yang disampaikan
guru dan sedikit peluang bagi siswa untuk bertanya. Dengan demikian suasana
pembelajaran menjadi tidak kondusif sehingga siswa menjadi pasif.
Proses pembelajaran dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
menuntut adanya partisifasi aktif dari seluruh siswa. Jadi kegiatan belajar berpusat

(Download File)

Tidak ada komentar:

Entikong Guru Kreative

Entikong Guru Kreative
Suasana Belajar di Daerah Perbatasan Entikong